RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SD
Negeri 094099
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester
: III /II
Materi
Standar : Sumber Daya Alam
Alokasi
Waktu : 1x 35 menit
Tanggal
Pelaksanaan : .....................
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,teknologi, dan masyarakat
B.
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungannya
C.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan sumber daya alam dan lingkungan
2.
Menyebutkan sumber daya alam yang dimanfaatkan bagi
manusia
3.
Memanfaatkan sumber daya alam di lingkungannya
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca buku sumber dan tanya jawab dengan
guru, siswa dapatmenjelaskan sumber daya alam dan lingkungan secara benar
2.
Setelah mengamati gambar tentang berbagai sumber daya
alam, siswadapat menyebutkan sumber daya alam yang dimanfaatkan bagi
manusiasecara tepat
3.
Setelah mempelajari tentang sumber daya alam dan
lingkungannya, siswadapat memanfaatkan sumber daya alam di lingkungannya
E.
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1.
Melalui melihat gambar dan mengamati gambar, Peserta didik memiliki
karakter
·
Teliti
·
Antusia tinggi
2.
Melalui memperhatikan penjelasan guru dan Tanya jawab,
Peserta didik memiliki karakter
·
Tanggung jawab
·
Kerja keras3.
3.
Melalui diskusi kelas siswa memiliki karakter
·
Kerja sama
·
Dislipin
F.
MATERI
PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM
1.
Kelompok benda berdasarkan asalnya
·
Benda yang berasal dari tumbuhan
·
Benda yang berasal dari hewan
·
Benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup
G.
MODEL, METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Model pembelajaran
Adapun metode yang akan saya gunakan adalah
1.
Pengamatan
2.
Demontrasi
Adapun media
yang digunakan adalah
1.
Gambar-gambar tentang sumber daya alam
2.
Media visual
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal (± 5 menit)
a.Mengkondisikan peserta didik secara fisik dan
psikis.
1)Salam
:”Selamat/pagi/siang
anak
-anak,
Menjawab
salam
2)Berdo’a
“Anak
-anak
sebelum kita memulai pelajaran pada hari inimarilah terlebih dahulu kita
berdo’a.
Silahkan ketua kelasmemimpin do’a”
3)Mendata
kehadiran peserta didik:
“ Anak
-anak siapa
yang hari initidak masuk?
b.Apersepsi1)
1)“Kalian
tadi sarapan apa?”
“Ternyata nasi atau roti yang kalian makan itu
berbahan dasar dari
sumber daya
alam yang
dimanfaatkan
lho?”
c.Tujuan pembelajaran
“Ibu
berharap dengan kita belajar tentang sumber daya alam kalian bisa
mengetahui bagaimana cara penggunanan sumber daya alamtersebut dalam kehidupan
sehari-hari kalian”
d.Cangkupan materi
1.
Menyebutkan 3 sumber daya alam
2.
Menjelaskan masing-masing sumber daya alam
3.
Menyebutkan hasil-hasil dari sumber daya alam2.
2. Kegiatan
Inti (± 20 menit)
a.Eksplorasi
1)Siswa
membaca buku sumber
2)Siswa
mengamati gambar-gambar yang telah dipersiapkan olehguru
3)Siswa
dengan guru bertanya jawab terkait materi
4)Siswa
dikelompokan menjadi 3 kelompok masing-masingkelompok terdiri dari 6 sampai 7
anak
5)Siswa
bertanya kepada guru tentang tugas yang diberikan
b.Elaborasi
1)Siswa
mengelompokkan benda berdasarkan asalnya
2) Siswa
memberi contoh berbagai jenis sumber daya alam diIndonesia
3) Siswa
melakukan diskusi tentang sumber daya alam yangdimanfaatkan bagi kebutuhan
manusia
4)Siswa
bersama guru membahas hasil diskusi bersama-sama
c.Konfirmasi
1)Siswa
melaporkan hasil kerja kelompok tentang sumber daya alam
2)Guru
memberi penguatan verbal
3)Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
4)Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
5)Siswa
mencatat materi yang telah dipelajari
3.Kegiatan
Akhir (± 10 menit)
a.
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal
yang belum jelas
b.
Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
c.
Siswa melaksanakan evaluasi
d.
Siswa bersama guru membahas evaluasi yang telah
dikerjakan
e.
Guru memberikan pr
f.
Guru menyimpulkan materi yang akan datang
g.
Guru menutup kegiatan pembelajaran
h.
dengan berdo’a
i.
guru memberikan
salam penutup.
I. SUMBER PEMBELAJARAN
1.Haryanto.
2004.
Sains: untuk
sekolah dasar kelas IV.
Jakarta:
Erlangga.Hlm: 195-206.
J. PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
·
Bentuk
Penilaian : Iisan
·
Jenis
Penilaian : Tertulis
MEDAN, ....MEI 2018
Guru Mata Pelajaran
NIA TAMALA NAINGGOLAN
Npm
: 160910023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar